Manfaat

Manfaat dan Bahaya Cumi-Cumi Bagi Tubuh

Manfaat dan Bahaya Cumi-Cumi Bagi Tubuh

Manfaat dan Bahaya Cumi-Cumi Bagi Tubuh – Salah satu menu seafood ini merupakan menu favorit para pecinta seafood. Penyajian untuk hidangannya beragam, bisa digoreng, dipanggang, ditumis, dan disambal. Dengan beragam penyajiannya, ternyata cumi-cumi memilikki kandungan gizi yang banyak, walaupun memilikki gizi yang banyak, cumi-cumi juga memilikki bahaya jika dikonsumsi secara berlebihan. Berikut merupakan manfaat dan bahaya dari cumi-cumi :

Manfaat Cumi-Cumi Bagi Tubuh

  1. Kaya Protein, cumi-cumi adalah sumber protein yang bagus. Setiap 100gr cumi-cumi terdapat 16gr protein. Protein ini dibutuhkan tubuh untuk membangun otot yang kuat dan sehat bagi tubuh.
  2. Mengandung Omega-3tidak hanya ikan salmon yang mengandung omega-3, tetapi hampir seluruh hewan laut mengandung omega-3, termasuk cumi-cumi. Omega-3 berfungsi dalam menjaga kesehatan otak, mata, dan jantung, selain itu Omega-3 juga berfungsi sebagai anti inflamasi, yang bisa mencegah resiko timbulnya penyakit kronis.
  3. Menurunkan kolestrol, akibat kandung lemak yang rendah, cumi-cumi dapat menurunkan kolestrol. Cumi mentah mengandung  total kandungan lemak dan kalori yang rendah, setiap 100gr cumi-cumi hanya mengandung 1.2gr lemak total dan hanya 0.5gr saja yang merupakan lemak tak jenuh.
  4. Sumber vitamin harian tubuh, setiap 100gr cumi-cumi mengandung sedikitnya 10 mcg vitamin A, 56 mcg vitamin B6, 1.3 mcg vitamin B12, 4.7 mg vitamin C, dan 1.2 mg vitamin E. Selain vitamin-vitamin tersebut, kandungan mineral yang bisa didapatkan antara lain 32 mg kalsium, 680 mcg zat besi, 33 mg magnesium, dan 44 mg sodium setiap 100gr cumi-cumi. Vitamin dan mineral tersebut yang berperan penting dalam perkembangan tubuh.

Bahaya Jika Mengonsumsi Cumi-Cumi Berlebihan Bagi Tubuh

Kandungan gizi yang berada di dalam cumi-cumi terbilang baik bagi tubuh, namun jika dikonsumsi secara berlebihan bisa menjadi bahaya yang mengancam kesehatan tubuh. Cumi-cumi seringkali digoreng dan menggunakan minyak yang banyak, sehingga kandungan kalori dan lemak meningkat menjadi dua kali lipat. Dengan begitu cumi-cumi bisa menyebabkan kolestrol dalam darah meningkat, darah tinggi, hingga gangguan jantung. Dan juga bagi orang-orang yang memilikki alergi makanan, sebaiknya hati-hati dalam mengonsumsi cumi-cumi, gejala yang ditimbulkan bagi orang yang memilikki alergi terhadap cumi-cumi bisa berupa pusing, mual, lidah gatal-gatal, kulit gatal-gatal (muncul ruam dan bintik-bintik merah serta terasa panas), kelelahan, dan pingsan. Oleh karena itu, sebaiknya konsumsilah cumi-cumi secukupnya agar dapat menjaga dan mengontrol kesehatan tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *