Artikel

Macam-Macam Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

vitamin

Macam-Macam Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh

Macam-Macam Vitamin Untuk Daya Tahan Tubuh – Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Meningkatkan daya tahan tubuh, dapat dilakukan dengan mengonsumsi air putih yang cukup, makan sayur dan buah, serta selalu menjaga kebersihan. Jika kamu sering melakukan kegiatan di luar ruangan maka perlu juga mengonumsi suplemen dan vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. Serta bisa juga dengan istirahat yang cukup, olahraga rutin, tidak merokok, dan mengurangi stres.

Rekomendasi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Vitamin dapat diperoleh dari berbagai makanan yang kita konsumsi, maupun dari suplemen. Berikut beberapa macam vitamin yang dapat dikonsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh :

  1. Vitamin C, kandungan nutrisi pada vitamin ini ternyata merupakan salah satu nutrisi terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Fungsi vitamin ini mampu memperkuat daya tahan tubuh dan melindungi tubuh dari berbagai infeksi. Nutrisinya dapat diperoleh dengan konsumsi suplemen atau makanan. Beberapa makanan yang kaya akan vitamin C, yaitu jeruk, stroberi, brokoli, bayam, paprika, kubis, kangkung, dan daun kale.
  2. Vitamin D, vitamin ini juga baik untuk daya tahan tubuh. Karena dapat memperkuat sistem pertahanan tubuh dalam memerangi zat patogen. Secara alami, sebenarnya tubuh memproduksi vitamin D, dan akan aktif saat tubuh terpapar cahaya matahari. Selain itu, bisa juga mendapatkan asupan vitamin D melalui suplemen dan makanan. Beberapa makanan yang mengandung vitamin D, yaitu ikan tuna, salmon, sarden, dan makanan olahan seperti susu, yoghurt, dan jus.
  3. Vitamin E, vitamin ini adalah antioksidan yang kuat untuk mempertahankan tubuh terhadap infeksi. Asupan vitamin E dapat diperoleh dari minyak nabati, kacang-kacangan, biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran. Buah-buahan yang tinggi akan kadar vitamin E adalah alpukat, tomat, delima, labu, kiwi, manga, pepaya, dan jambu biji. Sedangkan sayuran yang kaya akan vitamin E ialah jagung, ubi jalar asparagus, dan beberapa sayuran berdaun hijau gelap.
  4. Vitamin B Kompleks, pada vitamin B6 dan B12 memilikki peran yang sangat penting dalam menjaga kekebalan tubuh. Asupan vitamin B kompleks dapat diperoleh dari berbagai produk olahan salah satunya contohnya yaitu sereal.
  5. Zat Mineral, seperti zat besi dan selenium juga berfungsi dalam memperkuat daya tahan tubuh. Zat besi berfungsi membantu tubuh membawa oksigen ke seluruh sel dalam tubuh. Sedangkan selenium mampu memperkuat sistem imun tubuh dan mengurangi risiko terkena kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *