Artikel

Makanan Yang Rendah Kalori

Makanan Yang Rendah Kalori

Makanan Yang Rendah Kalori – Kalori adalah kadar energi yang terdapat pada makanan. Jika kadar kalori pada sebuah makanan tinggi, dapat menyebabkan berat badan meningkat. Oleh karena itu, kunci dalam menjaga kestabilan berat badan adalah dengan mengetahui kadar kalori pada setiap makanan yang dikonsumsi. Dan juga menyesuaikan jumlah kalori yang dibakar oleh tubuh dengan jumlah kalori yang dikonsumsi setiap harinya. Cara mudah dalam menjaga kestabilan berat badan adalah dengan mengonsumsi makanan rendah kalori. Namun, harus diperhatikan bahwa makanan rendah kalori cenderung memilikki nutrisi rendah. Jadi, penting untuk mengetahui kandungan kalori dan nutrisi makanan yang dikonsumsi.

Macam-macam Makanan Rendah Kalori

Jika ingin membatasi asupan kalori pada tubuh, namun penting untuk mengetahui kandungan nutrisinya. Berikut macam-macam makanan atau asupan rendah kalori namun kaya akan nutrisi :

  1. Kentang, jika diolah dengan cara dipanggang atau direbus, kentang memilikki kalori yang rendah, serta mengandung protein dan serat yang tinggi. Berbeda halnya dengan kentang yang diolah dengan cara digoreng dianggap kurang menyehatkan bagi tubuh dan juga tinggi akan lemak.
  2. Telur, kalori yang terkandung pada telur terbilang rendah namun kaya akan nutrisi. Pada 1 butir telur mengandung 72 kalori, 6 gram protein, dan berbagai vitamin serta mineral yang penting bagi tubuh.
  3. Oat, setiap 40 gram oat mengandung 148 kalori, 5,5 gram protein, dan 3,8 gram serat.
  4. Ikan Kod, setiap 85 gram nya mengandung 15 gram protein dan kurang dari 70 gram kalori, serta beberapa vitamin seperti B12, niasin atau vitamin B3, dan selenium.
  5. Brokoli, setiap satu cangkirnya mengandung 31 kalori. Beberapa gizi lain yang terkandung pada brokoli seperti vitamin C, zat besi, vitamin A, kalsium, magnesium, dan kalium. Brokoli dapat diolah menjadi beberapa masakan seperti sup, rebusan ataupun tumisan.
  6. Bayam, pada satu cangkir bayam mentah mengandung 7 kalori, sedangkan pada satu cangkir bayam yang sudah dimasak mengandung 41 kalori. Bayam dapat dimasak menjadi sup atau sebagai lalapan.
  7. Tomat, satu buah tomat mengandung sekitar 35 kalori. Selain itu tomat juga mengandung beberapa gizi seperti vitamin A, B, C, mineral, dan serat.

Itulah beberapa makanan yang kandungan kalori nya rendah. Jika seseorang ingin menjaga kestabilan berat badannya atau menurunkan berat badan, beberapa makanan di atas dapat membantu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *