Manfaat

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan

Manfaat Ikan Bagi Kesehatan – Ikan merupakan makanan laut yang mengandung banyak gizi dan manfaat. Setiap 100 gram ikan mengandung gizi seperti 12 gram lemak, 63 mg kolestrol, 22 gram protein, 15 mg kalsium, dll. Mengonsumsi ikan sudah menjadi hal umum di masyarakat Indonesia, terutama pada masyarakat yang tinggal di pesisir pantai. Selain memilikki kandungan gizi dan manfaat yang sangat banyak, ikan juga memilikki rasa yang sangat lezat.

Manfaat Mengonsumsi Ikan Pada Kesehatan Tubuh

Kebanyakan masyarakat Indonesia masih lebih memilih mengonsumsi daging dan ayam dibandingkan ikan. Padahal selain memilikki gizi yang banyak, memilikki rasa yang lezat, serta manfaat yang banyak. Berikut beberapa manfaat dari mengonsumsi ikan untuk kesehatan tubuh :

  1. Menjaga fungsi dan kesehatan otak, ikan laut, seperti salmon, tuna, sarden, dan teri kaya akan asam lemak omega-3. Ini sangat dibutuhkan dalam menjaga fungsi dan kesehatan otak, apalagi pada anak-anak ini dapat membantu perkembangan dan pembentukan otak. Asam lemak omega-3 juga berfungsi dalam meredakan gejala depresi dan demensia pada lansia.
  2. Mencegah penyakit jantung, kandungan protein pada ikan laut sangat tinggi. Protein ini lah yang dapat menjaga kesehatan jantung. Tidak hanya itu, kandungan asam lemak omega-3 pada ikan laut dapat menurunkan kadar lemak dalam darah, sehingga dapat mencegah penyakit jantung.
  3. Menurunkan risiko penyakit alzheimer, alzheimer adalah penyakit otak yang menurunkan daya ingat, kemampuan berpikir dan berbicara. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara dipanggang dapat membuat volume otak dan sel otak lebih besar. Volume otak dan sel otak yang lebih besar yang dapat membantu daya ingat lebih baik.
  4. Menjaga kesehatan mata, mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega-3 tinggi seperti ikan laut, dapat menjaga kesehatan mata. Penelitian percaya bahwa mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 dengan dosis 500 mg per hari, berisiko rendah untuk terkena penyakit degenerasi makula dan kerusakan retina.
  5. Menyehatkan tulang, kandungan kalsium dan vitamin D pada ikan dapat menyehatkan tulang dan mencegah penyakit tulang. Pada 8 gram ikan salmon dapat memenuhi kebutuhan harian vitamin D sebanyak 75%.

Meskipun memilikki rasa yang lezat, gizi dan manfaat yang banyak, perlu diperhatikan juga dalam memilih jenis ikan laut yang ingin dikonsumsi. Terlepas dari gizi dan manfaat, mengonsumsi ikan laut secara berlebihan juga memilikki risiko. Jadi, perlu diperhatikan juga kadar pengonsumsian ikan laut pada tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *