Manfaat

Manfaat Ikan Bandeng

Manfaat Ikan Bandeng

Manfaat Ikan Bandeng – Ikan merupakan makanan laut yang mengandung banyak gizi dan manfaat. Selain itu, ikan juga termasuk makanan yang memilikki rasa sangat lezat, serta kaya akan kandungan vitamin. Salah satu ikan yang kaya akan gizi, vitamin, dan manfaat tersebut adalah ikan bandeng.

Sekilas Tentang Ikan Bandeng

Ikan bandeng adalah salah satu jenis ikan air asin pasifik yang berwarna perak dan bertelur di perairan pantai dangkal. Walaupun ikan ini habitat umumnya di laut, namun sudah banyak yang membudidayakannya di air tawar. Hal ini disebabkan karena ikan ini dapat diolah menjadi berbagai macam olahan masakan dan rasanya sangat lezat. Selain rasanya yang lezat, ikan ini juga memilikki kandungan gizi dan khasiat yang banyak. Dalam 100 gram ikan ini mengandung 20 gram protein, 4,8 gram lemak, 123 kalori energi, 20 mg kalsium, 150 mg fosfor, 2 mg zat besi, 67 mg natrium, 271,1 kalium, 45 mcg vitamin A, 0,05 mg vitamin B1, dan 0,2 mg vitamin B2.

Manfaat Mengonsumsinya

Atas dasar kandungan gizi yang banyak, tentu saja ikan bandeng mengandung banyak manfaat. Berikut beberapa manfaatnya :

  1. Meningkatkan fungsi otak, kandungan asam lemak omega-3 yang terdapat pada ikan ini berfungsi dalam menjaga kesehatan membran sel dan memfasilitasi komunikasi antar sel-sel otak. Kandungan vitamin B12 pada ikan bandeng juga dapat membantu fungsi otak dan mencegah atrofi otak serta kehilangan memori.
  2. Mencegah penyakit jantung dan kolestrol, kandungan asam lemak omega-3 berupa EPA dan DHA pada ikan ini dapat mencegah penggumpalan darah di jantung yang dapat menyebabkan serangan jantung.
  3. Merawat fungsi ginjal, kandungan vitamin B12 pada ikan ini dapat mencegah dan mengatasi masalah pada ginjal. Vitamin B12 berfungsi dalam membantu pembuangan limbah pada tubuh yang berasal dari makanan.
  4. Membantu mengatasi anemia, vitamin B12 pada ikan ini juga dapat membantu tubuh memproduksi sel darah merah. Kadar vitamin B12 yang rendah dapat menyebabkan pengurangan perkembangbiakan terhadap sel darah merah. Kekurangan kadar vitamin B12 dapat menyebabkan anemia, dan jika mengalami anemia, dapat membuat tubuh lemas. Tubuh lemas karena tubuh tidak memilikki cukup sel darah merah untuk mengangkut oksigen. Dengan mengonsumsi ikan bandeng lah dapat membantu mengembalikan energi pada tubuh.
  5. Menyehatkan tulang dan gigi, kandungan mineral pada ikan ini berupa kalsium dan fosfor dapat membentuk serta menjaga kesehatan tulang dan gigi.
  6. Menyehatkan mata, kandungan vitamin A pada ikan bandeng dapat berfungsi untuk merawat fungsi dan kesehatan mata. Setiap 100 gram ikan bandeng mengandung vitamin A sebanyak 45 mcg.
  7. Menyehatkan janin dan ibu hamil, kandungan protein pada ikan ini dapat membantu pembentukan tulang dan mencerdaskan otak pada janin. Pada ibu hamil, protein yang terdapat pada ikan ini dapat menjadi sumber energi yang dapat mencegah rasa stres dan depresi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *