Manfaat

Manfaat Kulit Ikan

Manfaat Kulit Ikan

Manfaat Kulit Ikan – Selain dagingnya, kulit ikan juga dapat dikonsumsi karena rasanya yang lezat juga. Pada kulit ikan juga memilikki kandungan gizi dan manfaat di dalamnya. Tidak hanya bagian dagingnya yang dijadikan bahan dasar hidangan makanan. Banyak juga hidangan yang menggunakan bahan dasarnya kulit ikan. Tidak hanya dapat dihidangkan bersama dengan dagingnya, kulit ikan dapat juga dihidangkan tersendiri. Entah digoreng crispy, atau dikonsumsi sebagai camilan dengan tambahan taburan bumbu. Ternyata, kulit ikan tidak hanya rasanya saja yang lezat, bagian kulit ikan (khususnya jenis ikan berminyak seperti salmon) mengandung berbagai gizi yang baik bagi kesehatan tubuh. Bahkan, kadar gizi pada kulit ikan tidak kalah dengan dagingnya. Beberapa kandungan gizi pada kulit ikan yaitu, protein, asam lemak omega-3, vitamin D, vitamin E, yodium, selenium, taurin, dan masih banyak lagi.

Khasiat Mengonsumsi Kulit Ikan

Selain rasa yang lezat dan kaya akan kandungan gizi, kulit ikan juga memilikki khasiat bagi kesehatan tubuh. Berikut beberapa khasiat mengonsumsi kulit ikan bagi kesehatan tubuh :

  1. Membangun jaringan otot pada tubuh, zat protein biasanya terdapat di dalam lendir kulit ikan. Zat protein pada kulit ikan yang berfungsi dalam membangun jaringan otot di tubuh kita. Zat ini juga dapat membantu mengurangi risiko seperti pertumbuhan terhambat, kadar zat besi yang rendah, dan lain-lain.
  2. Menjaga kesehatan jantung, kandungan omega-3 pada kulit ikan sangat baik bagi tubuh. Tidak hanya menyehatkan jantung, omega-3 juga berfungsi menjaga kesehatan ibu hamil dan mengurangi risiko penyakit otak.
  3. Menyehatkan kulit, kulit ikan merupakan sumber kadar vitamin E dan kolagen yang baik bagi kulit. Kedua nutrisi tersebut dapat membuat kulit menjadi lebih sehat.
  4. Menjaga imunitas terhadap tubuh, Sumber protein yang terdapat pada kulit ikan dapat berfungsi dalam menjaga imun pada tubuh. Terdapat 2 jenis kandungan protein pada kulit ikan yaitu histone dan transferrin. Kedua zat itulah yang bertugas dalam menjaga imun pada tubuh.
  5. Mengurangi risiko penyakit diabetes, kulit pada ikan salmon ternyata mengandung antioksidan yang kuat. Zat inilah yang membantu dalam penyembuhan luka yang disebabkan karena diabetes. Selain itu, sebuah studi yang dipublikasikan pada jurnal Marine Drugs tahun 2016, menyatakan bahwa kulit ikan ternyata berpotensi dalam mengobati diabetes.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *